Tutorial Masking Technique on GIMP

-Assalamualaikum wr.wb-


   Bertemu lagi dengan blog saya yang sederhana ini. Pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan sedikit tutorial, langsung saja baca artikelnya di bawah ini.

____________________

-Pengertian-

   GNU Image Manipulation Program atau yang lebih dikenal dengan sebutan GIMP adalah perangkat lunak untuk manipulasi grafik berbasis raster.
    GIMP berjalan pada desktop GNOME dan dirilis dengan lisensi GNU General Public License.
-Latar Belakang-
   Dengan perkembangan dan kemajuan dunia multimedia khususnya pada bidang grafik dan desain, bukan hanya software-software yang Berbayar saja yang bisa kita gunakan. Melainkan juga dengan Open Source salah satunya GIMP ini.
-Maksud dan Tujuan-
   Setelah membaca tutorial ini kita diharapkan mampu menciptakan sebuah karya yang kemudian bisa anda kembangkan untuk kedepannya.

-Jangka waktu yang dibutuhkan-

   Pada tutrorial kali ini, tidak perlu banyak waktu, dikarenakan juga teknik yang akan saya bagikan ini termasuk basic atau dasarnya. Kira-kira kita hanya perlu waktu sekitar 15-20 menit saja, tapi hal ini tergantung anda mengikuti dan memahaminya secara benar.

-Alat dan Bahan-
   Pada tutorial kali ini, alat-dan bahan yang harus kita persiapkan adalah:

 * Pc / Laptop
 * Mouse (disarankan)
 * Software GIMP
 * Foto / Gambar

-Tahap Pelaksanaan-

*langkah 1
   Bukalah aplikasi GIMP, kemudian klik File pada menu bar lalu pilih open, maka pilihlah mana foto yang akan anda gunakan sebagai bahan.Seperti gambar berikut.

*langkah kedua.
   Pada layer foto yang kita jadikan bahan edit tadi, klik kanan pada layer tersebut lalu pilih Duplicate, hal ini bertujuan untuk menggandakan layer ata men-copy layer tersebut.


*langkah ketiga
   Setelah di duplicate, pilih color pada menu bar lalu klik Desaturate, lalu setelahnya akan muncul jendela kecil lalu anda pilih lightness dan klik ok.

*langkah keempat
   Kemudian klik kanan pada layer yang paling atas, lalu tambahkan kan layer mask dengan klik add layer mask, lalu pada jendela kecil yang muncul pilih white (full opacity), lalu klik add.

*langkah kelima
   Baru setelah itu klik paintbrush tool, lalu fungsikan ke arah bagian yang akan dijadikan titik penarik perhatiannya.

   Setelah semua selesai, begini lah hasil yang saya  dari percobaan diatas
Tampak bahwa bendera merah putih merupakan paint of interest dari foto tersebut.


-Kesimpulan-

   GIMP merupakan sebuah software manipulasi gambar atau grafis yang bersifat open source sehingga dapat dikembangkan lagi oleh para penggunanya,

-Referensi

https://id.wikipedia.org/wiki/GIMP

   __________________________

   Sekian dulu postingan saya kali ini. Mudah-mudahan menambah ilmu dan bermanfaat bagi anda semua.

Wassalamualaikum wr.wb-

Selanjutnya
« Post sebelumnya