Pengenalan Inkscape

-Assalamualaikum wr.wb-

  Bertemu lagi dengan bloog saya yang sederhana ini. Kali ini saya akan membagikan sebuah artikel yang membahas tentang Inskcape...
   Sebenarnya kali ini saya itu melanjutkan pembahasan kita mengenai Komposisi Fotografi, tapi karena ada halangan tertentu sehingga saya pun mengalihkan pembahasan kita untuk sementara ini.

By the way ngomongin soal Inkscape, apa sih Inkscape itu???
________



 Bagi anda, mungkin Inkscape terdengar cukup asing ditelinga anda, apa lagi kalau anda adalah pengguna Windows dari Microsoft, tentu anda jarang atau bahkan tidak mengenal apa itu Inkscape. Karena pada Windows sendiri terdapat banyak sekali aplikasi yang di gunakan untuk pengolahan grafis. Tetapi tidak sedikit juga yang memakai Inkscape ini pada Windows, karena konten yang terdapat pada inkscape ini juga hampir sama dengan yang ada pada software-software diwindows.


-Latar Belakang-
   Didalam perkembangannya, Inkscape merupakan software open source yang pada pengaplikasiannya tidak jauh berbeda dari software top lainnya seperti Corel Draw, namun pada tool-tool dan bagian-bagian pada inkscape ini ada sedikit perbedaan yang harus kita ketahui.

-Maksud dan Tujuan-
   kita diharapkan untuk tahu apa kelebihan dan kekurangan yang terdapat pada Inkscape ini.

   Inkscape adalah sebuah perangkat lunak editor gambar vektor yang bersifat perangkat lunak bebas(open source) dibawah lisensi GNU GPL. Tujuan utama dari Inkscape adalah menjadi perangkat lunak grafik mutakhir yang memenuhi standar XML, SVG dan CSS.
   Inkscape dirintis pada tahun 2003 sebagai sebuah fork dari proyek sodipodi.
Sodipodi sendiri, yang dikembangkan sejak 1999, didasarkan pada Gill (Gnome Illustration Application), buah karya dari Raph Levien.

   Perangkat Inkscape ini, banyak digunaka oleh creator-creator yang menggemari dibidang pembuatan sticker online. Aplikasi Inkscape ini tidak kalah saing dengan aplikasi berbayar pembuat animasi lainnya, karena pada umumnya Inkscape ini mudah digunakan dalam segi toolnya.
   Keuntungan menggunakan Inkscape:

1. Gratis
   Kelebihan yang paling utama itu adalah Inkscape gratis/ open source karena tidak seperti aplikasi berbayar lainnya yang harus mengeluarkan anggarannya dalam penggunaannya

2. File Ringan
   Ukuran Program dari Inkscape ini cukup ringan, tentu sangat berdampak positif bagi pengolahan memory pada harddisk.
3. Banyak Pilihan Warna
   Secara default Inkscape dilengkapi dengan panel warna yang dinamakan palette. Di palette tersebut disediakan pilihan warna dari terang hingga paling tergelap.

4. File Document yang berkualitas
   File Inkscape ini tidak kalah saing juga dengan kualitas corel draw, serta file aplikasi Inkscape ini dapat dibuka pada aplikasi corel draw.
   Selain ada kelebihan pada penggunaan inkscape ini tentu saja ada kekurangannya, kekurangan yang ada pada Inkscape diantaranya:

1. Ukuran file yang dapat menjadi lebih besar
   File inkscape dapat menjadi lebih besar apabila menggunakan banyak gradasi serta terdapat file jpg yang ukurannya relative besar sehingga dapat membuat aplikasi ini menjadi tidak berjalan.
2. Tidak dapat mengedit File document dari software yang berbeda
   Inkscape tidak dapat membaca dan mengedit document dari corel draw
3. Export hanya satu Extensi
   Kekurangan ini yang sangat terasa ketika mengeksport hanya bisa satu extensi saja yaitu PNG
   Jadi dapat disimpulkan bahwa aplikasi Inkscape ini merupakan aplikasi gratis yang memiliki kelebihan dari aplikasi lainnya namun disamping itu  Inkscape  juga memiliki kekurangannya tegantung dari kita sendiri bagaimana cara menanggulanginya.
   
   Antarmuka Inkscape mirip dengan CorelDraw dan program menggambar sejenis. Ada kotak, elips, teks, gambar bitmap danfreehand curve. Menariknya, dalam Inkscape, objek vektor maupun objek bitmap dapat mempunyai transparansi alpha yang dapat diubah-ubah levelnya.
Inkscape memperbolehkan banyak file terbuka dalam satu waktu, bisa juga satu file dibuka dalam beberapa window terpisah. Gambar yang dibuat dengan Inkscape dapat dicetak atau diekspor menjadi bitmap PNG.

-Kesimpulan-
   Pada Inkscape, memang terdapat banyak kelebihannya. Namun, tidak sedikit juga kekurangan dari Inkscape ini.
-Referensi-
   Sepertinya sampai sini dulu perkenalan kita tentang Inkscape, insya allah akan saya lanjutkan besok dengan cara-cara penggunaan Inkscape.
Mudah-mudah bermanfaat bagi anda semua...
-Wassalamualaikum-
Selanjutnya
« Post sebelumnya