Elemen Penting Pada Komposisi Fotografi

-assalamualaikum wr.wb-

   Bertemu lagi dengan blog saya yang sederhana ini. Kali ini saya akan membagikan sebuah artikel dengan pokok bahasannya mengenai "Komposisi pada Fotografi".


-Latar Belakang-
   
   Sejak diperkenalkannya fotografi pada tahun 1826, dimana pada saat itu fotografi dikenal sebagai kajian ilmu yang sangat baru dan awam bagi masyarakat duni. Seiring berjalannya waktu kini fotografi berkembang dengan sangat pesat. Perkembangan teknologi yang sangat canggih pengambilan gambar kini dilakukan hampir setiap 24 jam, dengan teknik pencahayaan pengambilan gambar akan terlihat lebih mudah.

-Maksud dan Tujuan-

   Setelah membaca artikel ini, pembaca diharapkan bisa atau mampu
 a. memahami apa itu fotografi
 b. memahami apa itu komposisi
 c. mampu menerapkan atau mempraktikkan langsung dilapangan
-Pengertian-
   Komposisi Secara arti sederhana adalah susunan. Sedangkan Komposisi pada fotografi memiliki arti susunan gambar dalam batasan satu ruang. Atau bisa juga Komposisi diartikan sebagai cara menyusun elemen-elemen objek foto yang penting secara keseluruhan yang ada dalam foto.
  
Tujuan Mengatur Komposisi Dalam Fotografi
 1. Dengan mengatur komposisi foto, kita juga dapat membangun kesan menarik suatu foto dan keseimbangan keseluruhan objek foto.
  2. Menyusun perwujudan ide menjadi sebush penyusunan gambar yang baik sehingga terwujud suatu kesatuan (unity) dalam karya.
 3. Melatih kepekaan mata untuk menangkap berbagai unsur dan mengasah rasa estetik dalam pribadi pemotret.
 -Elemen penting dalam Komposisi-
Garis : Garis mampu menimbulkan kesan kedalaman dan memperlihatkan gerak pada gambar. Ketika garis-garis itu sendiri digunakan sebagai subjek, yang terjadi adalah gambar-gambar menjadi menarik perhatian. Komposisi ini terbentuk dari pengemasan garis secara dinamis, tidak penting apakah garis itu lurus, melingkar atau melengkung. Yang penting garis-garis itu menjadi bentuk yang dinamis.
 Shape : Untuk membuat shape menonjol, anda harus mampu memisahkan shape tersebut dari lingkungan sekitarnya atau dari latar belakang yang terlalu ramai.
Tekstur : Yaitu tatanan yang memberikan kesan tentang keadaan permukaan suatu benda (halus, kasar, beraturan, tidak beraturan, tajam, lembut,dsb). Tekstur akan tampak dari gelap terang atau bayangan dan kontras yang timbul dari pencahayaan pada saat pemotretan.

Warna : Warna memberikan sebuah kesan yang elegan dan dinamis pada sebuah foto apabila dikomposisikan dengan baik. Kadang kala komposisi warna dapat pula memberikan kesan anggun serta mampu dengan sempurna memunculkan mood color atau keserasian warna-warni dari sebuah foto yang ingin menonjolkan unsur keindahan.

Patterns : Pattern yang berupa pengulangan shape, garis dan warna adalah elemen visual lainnya yang dapat menjadi unsur penarik perhatian utama. Pengulangan itu dapat menimbulkan kesan harmoni dalam gambar. Tapi, terlalu banyak keseragaman akan mengakibatkan gambar menjadi membosankan.

Gelap dan Terang : Elemen komposisi ini sebenarnya sudah dipakai fotografer sejak era fotografi analog masih berkembang pesat terutama pada pemotretan hitam putih. Namun, diera digital komposisi ini diterapkan kembali.

-Kesimpulan-

   Pada komposisi fotografi Prinsip dasarnya adalah seimbang. Untuk itu dalam mengatur komposisi foto perhatikan orientasi yang cocok, portrait atau landscape, biasanya panorama atau objek yang jauh cocok menggunakan landscape, sedangkan objek yang vertikal cocok menggunakan portrait. Teknik komposisi lain diantaranya adalah Framing, Geometric dan Freedom.
-Referensi-
   Sekian dulu postingan saya kali ini, nanti akan saya lanjutkan dengan teknik sudut pengambilan objek.
Demikian...
-Wassalamualaikum wr.wb-
Selanjutnya
« Post sebelumnya