Teknik Sudut Pengambilan Objek

-Assalamualaikum wr.wb-

   Bertemu lagi dengan blog saya yang sederhana ini. Kali ini saya akan melanjutkan pembahasan kita yang pada kesempatan sebelumnya kita membahas mengenai Elemen Penting Pada Komposisi Fotografi  .
Dan sekarang, kita akan membahas mengenai "Sudut pengambilan gambar objek" 

-Latar Belakang-

   Sejak diperkenalkannya fotografi pada tahun 1826, dimana pada saat itu fotografi dikenal sebagai kajian ilmu yang sangat baru dan awam bagi masyarakat duni. Seiring berjalannya waktu kini fotografi berkembang dengan sangat pesat. Perkembangan teknologi yang sangat canggih pengambilan gambar kini dilakukan hampir setiap 24 jam, dengan teknik pencahayaan pengambilan gambar akan terlihat lebih mudah.

-Maksud dan Tujuan-

   Setelah membaca artikel ini, pembaca diharapkan bisa atau mampu
 a. memahami apa itu fotografi
 b. memahami apa itu komposisi
 c. mampu menerapkan atau mempraktikkan langsung dilapangan
-Pengertian-
   Komposisi Secara arti sederhana adalah susunan. Sedangkan Komposisi pada fotografi memiliki arti susunan gambar dalam batasan satu ruang. Atau bisa juga Komposisi diartikan sebagai cara menyusun elemen-elemen objek foto yang penting secara keseluruhan yang ada dalam foto.
  
Tujuan Mengatur Komposisi Dalam Fotografi
 1. Dengan mengatur komposisi foto, kita juga dapat membangun kesan menarik suatu foto dan keseimbangan keseluruhan objek foto.
  2. Menyusun perwujudan ide menjadi sebush penyusunan gambar yang baik sehingga terwujud suatu kesatuan (unity) dalam karya.
 3. Melatih kepekaan mata untuk menangkap berbagai unsur dan mengasah rasa estetik dalam pribadi pemotret.
   Berikut macam-macam sudut pengambilan gambar (angle) yang berlaku secara umum dalam fotografi:

1. Eye Level
   Sudut pandang ini adalah sudut pandang atau angle yang umum digunakan. Pada angle ini lensa kamera dibidik sejajar dengan tinggi objek. Posisi dan arah kamera memandang objek yang akan dipotret layaknya mata kita melihat objek secara biasa. Pengambilan angle ini kebanyakan untuk memotret manusia dan aktifitasnya (Human interest).
2. Low Angle
   Pada sudut pengambilan foto ini, kamera diposisikan lebih rendah dari objek. Low angle biasanya digunakan untuk menunjukkan kesan elegan, megah dan tangguh. Sudut pandang pemotretan ini sering juga diterapkan pada fotografi cityscape, contohnya pada foto gedung-gedung penacakar langit.
3. High Angle
   Angle ini digunakan untuk menangkap kesan luas dari objek yang difoto. Pada angle ini kamera diposisikan lebih tinggi dari objek, sehingga memberi kesan kecil dari objek yang difoto. Dengan angle ini kita bisa memasukkan elemen-elemen pendukung komposisi ke dalam frame. Penerapan high angle bisa juga diterapkan pada foto pemandangan (landscape).
4. Bird Eye Angle
    Anda bisa mencoba mendapatkan hasil yang berbeda dengan mengambil foto dari titik yang terletak diketinggian. Dalam sudut pemotretan ini, posisi objek berada di bawah atau lebih rendah dari kita berdiri.
5. Frog Eye Angle
   ada pemotretan dengan angle ini kamera disejajarkan dengan tanah. Angle ini biasanya digunakan untuk objek yang posisinya di atas tanah. Untuk memotret dengan sudut pandang ini terkadang fotografer harus tiduran di tanah, untuk menghasilkan foto yang bagus.

-Kesimpulan-
   Pada teknik sudut pengambilan gambar(camera angle), ada lima yang harus kita ketahui pasti yaitu Eye level, High angle, Low angle, bird eye angle, dan frog eye angle.
   Jika anda ingin menjadi seorang fotografer profesional, hal pertama yang harus anda pelajari adalah semiotik, komposisi dan teknik pencahayaan. Karena ketiga poin itu sangat penting sehingga wajib untuk dipelajari oleh seorang Fotografer.
-Referensi-
   Demikianlah pembahasan kita mengenai teknik sudut pengambilan gambar objek, Mudah-mudahan bermanfaat bagi anda semua.
-Wassalamualaikum wr.wb-


Selanjutnya
« Post sebelumnya