Sharing Bersama Mbah Suro "Pengenalan tipe dan jenis antena pada Mikrotik"

-Assalamualaikum wr.wb-


   Bertemu lagi dengan blog saya yang sederhana ini. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sebuah artikel yang sebelumnya telah di sharing oleh Mbah Suro, yakni mengenai tipe dan jenis antena pada mikrotik.
   Dan sekarang saya akan berbagi dengan apa yang telah saya pahami dari apa yang dijelaskan oleh Mbah Suro.

_______________

-Pengertian-

    Di bidang elektronika, definisi antena adalah transformator/struktur transmisi antara gelombang terbimbing (saluran transmisi) dengan gelombang ruang bebas atau sebaliknya. Antena adalah salah satu elemen penting yang harus ada pada sebuah teleskop radio, TV, radar, dan semua alat komunikasi nirkabel lainnya.

-Latar Belakang-

   Sebuah antena adalah bagian vital dari suatu pemancar atau penerima yang berfungsi untuk menyalurkan sinyal radio ke udara.Bentuk antena bermacam macam sesuai dengan desain, pola penyebaran dan frekuensi dan gain.

-Maksud & Tujuan-

   Saya membagikan artikel ini dengan tujuan yakni berbagi sedikit ilmu yang saya dapatkan dan agar kita semua memahami berbagai macam antena yang ada.

-Pokok Pembahasan-

   Fungsi Antena

       Fungsi antena adalah untuk mengubah sinyal listrik menjadi sinyal elektromagnetik, lalu meradiasikannya (pelepasan energi elektromagnetik ke udara/ruang bebas). Dan sebaliknya, antena juga dapat berfungsi untuk menerima sinyal elektromagnetik (penerima energy elektromagnetik dari ruang bebas) dan mengubahnya menjadi sinyal listrik.

   Macam-macam antena

1. Antena Omni Directional 
      Antena omnidirectoral  yaitu jenis antena yang memiliki pola pemancaran sinyal ke segala arah dengan daya sama,untuk menghasilkan cakupan area yang luas, antena  dengan daya sistem yang memancar secara seragam dalam satu pesawat dengan bentuk pola arahan dalam bidang tegak lurus. Antena Omnidirectional.
Applications:
  • 2.4GHz ISM Band
  • IEEE 802.11b, 802.11g Wirelles LAN
  • IEEE 802.11n, (Pre-N, Draft-N, MIMO) Applications
  • Bluetooth® 
  • Wifi
  • Wireless Video Systems
  • Multipoint and Mobile Applications
2. Antena Grid

     Antena Grid Wifi 2,4 GHz dengan Gain 21 Db, sangat cocok digunakan untuk Antena Wifi Anda. Bisa digunakan untuk Point to Point, atau Klien dari Akses Point anda. Sangat cocok digunakan untuk antenna Klien Rt-Rw Net anda sehingga bisa menekan biaya Investasi awal klien anda.

3. Antena Flat Panel

     Fungsinya sama seperti antena grid, yakni memfokuskan ke satu titik. Antena ini hanya digunakan untuk jarak yang dekat dan tidak untuk jarak yang jauh karena frekuensinya kecil.

4. Antena Solid Disk

     Biasanya digunakan untuk aplikasi point to point untuk jarak yang jauh. Mounting pada tower harus baik, faktor angin cukup berpengaruh. Dibutuhkan ketelitian pointing. 06-187 Mikrotik Indonesia.

5. Antena Sectoral

      Antena sectoral hampir mirip dengan antena omnidirectoral,yang juga di gunakan untuk access point to serve a point-to-multi-point (P2MP) links.dapat menampung hingga 5 client.beberapa antena sectoral di buat tegak lurus dan ada juga yang horizontal.


-Kesimpulan-

    antena adalah transformator/struktur transmisi antara gelombang terbimbing (saluran transmisi) dengan gelombang ruang bebas atau sebaliknya. Antena adalah salah satu elemen penting yang harus ada pada sebuah teleskop radio, TV, radar, dan semua alat komunikasi nirkabel lainnya.

-Referensi-

https://id.wikipedia.org/wiki/Antena_(radio)
http://203.130.243.185/data/eBook%20TKJ/Materi%20Mikrotik%20MTCNA-05-2012.pdf
https://www.google.com/search?site=tbm=ischsource=hpbiw=1366bih=646q=antena+mikrotikoq=antena+mgs_l=img.3.6.0l3j0i10k1j0l6.1272.3896.0.8053.9.9.0.0.0.0.155.870.1j6.7.0....0...1ac.1.64.img..2.7.865.0..35i39k1.ktjWyDbBbWg#imgrc=odvOvXoGNDUgVM%3A

   Sekian dulu postingan saya kali ini. Mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua...

-Wassalamualaikum wr.wb-
Selanjutnya
« Post sebelumnya