Ukuran dan Jenis Kertas

-Assalamualaikum wr.wb-

Bertemu lagi dengan blog saya yang sederhana ini. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sebuah artikel yang pokok pembahasannya ada dibawah ini...


-Pengertian-

   Kertas, adalah bahan yang tipis dan rata, yang dihasilkan dengan kompresi serat yang berasal dari pulp. Serat yang digunakan biasanya adalah alami, dan mengandung selulosa dan hemiselulosa.

-Latar Belakang-

    Penggunaan kertas saat ini telah mencapai angka yang sangat tinggi. Ada beberapa jenis kertas antara lain kertas HVS, kertas tisu, kertas minyak, dan kertas seni (Art Paper).

-Maksud & Tujuan-

   Agar kita dapat mengetahui beberapa jenis kertas yang ada dan menempatkannya pada kegunaannya masing-masing.

-Pokok Pembahasan-

Ukuran Kertas

    Ada berbagai standar ukuran kertas internasional, terutama standar ISO (antara lain A4, B3, C4, dsb) dan standar lokal amerika utara (misalnya ukuran letter, legal, ledger, dsb.). Ukuran-ukuran ini mempengaruhi kertas, surat, kartu, dan dokumen cetakan. Standar-standar ini juga mencakup ukuran-ukuran amplop. Ukuran kertas secara internasional terdapat seri A, B, dan C. Ukuran R dan F muncul sesuai permintaan pasar. Berikut ukuran-ukuran dari setiap seri dalam milimeter dan centimeter.



Seri A

   Merupakan standard ukuran kertas internasional, ISO 216, berdasarkan standar Jerman DIN 476 standar. Seria A biasa digunakan untuk cetakkan umum dan perkantoran serta penerbitan.
   Ukuran kertas ISO semua didasarkan atas rasio aspek tunggal "akar 2", atau kira-kira 1:1, 4142. Dasar ukuran kertas ISO adalah A0 (a nol) yang luasnya setara dengan satu meter persegi; di bulatkan ke milimeter terdekat menjadi 841 by 1, 189 milimeter (33.1 x 46.8 in).
  
Format Seri A

Seri B

   Seri B besarmya kira-kira ditengah antara 2 ukuran seri A, biasa digunakan untuk poster dan lukisan dinding.



Seri C
   Seri C biasa digunakan untuk map, kartu pos dan amplop



Seri R
   Seri R biasa digunakan untuk kertas jenis Foto untuk mencetak foto

Seri F


  
Seri F biasa digunakan untuk perkantoran dan fotocopy, biasa disebut kertas Folio.
  • F4 = (215 x 330 mm) (8.5 x 13 inch)



   Jenis Kertas


  
   Pernahkah anda mengalami ketika anda sudah mendesign dan siap cetak, tetapi kita bingung memilih jenis kertas yang cocok untuk design kita menggunakan jenis kertas apa?, maka jika sudah seperti itu kita harus memahami jenis-jenis kertas yang terdapat pada percetakan, kita harus tau jika mau mencetak design brosur harus menggunakan jenis kertas apa?, atau jika kita ingin mencetak kartu nama kita harus tau juga menggunakan jenis kertas apa?, Jenis-jenis kertas yang sering digunakan sebagai berikut:

1. Art Paper
Jenis Kertas ini memiliki permukaan yang halus dan licin. Kertas jenis ini biasa di gunakan untuk mencetak Brosur, Majalah, Katalog atau Flayer. Gramaturnya mulai dari 85gr, 100gr, 115gr, 120gr dan 150gr.
2. Art Carton
Kertas Jenis ini mempunyai permukaan yang sama dengan jenis kertas Art Paper yang membedakan hanya ketebalannya saja. Kertas jenis ini biasa digunakan untuk mencetak Kartu Nama, Cover Buku, Brosur, Paper Bag, Map dan masih banyak lagi. Gramaturnya mulai dari 190gr, 210gr, 230 gr, 260 gr, 310 gr, 350 gr dan 400 gr.
3. Ivory
Kertas Jenis ini sama seperti Art Carton, hanya kertas jenis ini cuma mempunyai satu sisi yang licin satu sisinya tanpa coating. Jenis Kertas ini banyak di gunakan untuk mencetak Paper Bag, Dus - Dus Kosmetik. Gramaturnya mulai dari 210 gr, 230 gr, 250 gr, 310gr, 400 gr.
4. Dupleks
Kertas Jenis ini hanya mempunyai satu sisi putih dan sisi lainnya berwarna abu - abu. Jenis Kertas ini sering digunakan untuk mencetak Packaging Obat - Obatan atau Makanan. Gramaturnya mulai dari 250 gr, 270 gr, 310 gr, 350 gr, 400 gr, 450 gr, dan 500 gr.
5. HVS
Jenis Kertas ini memiliki permukaan yang kasar. Kertas jenis ini biasa digunakan untuk mencetak Buku atau Fotocopy. Gramaturnya mulai dari 60 gr, 70 gr, 80 gr, 100 gr.
6. Samson Kraft
Kertas jenis ini berasal dari proses daur ulang dan memiliki warna coklat. Kertas jenis ini banyak digunakan untuk Paper Bag atau Bungkus. Gramaturnya yang sering dipakai 70gr dan 80 gr.
7. BW, BC, Linen Jepang dan concord
Kertas jenis ini memiliki permukaan tekstur dan jenis kertas mempunyai banyak warna. Kertas jenis ini banyak digunakan untuk mencetak Kartu Nama dan Sertifikat. Gramaturnya yang biasa dipakai 160 gr, 220 gr, 250 gr.
8. Yellow Board
Jenis kertas ini cukup tebal, biasa digunakan untuk rangka dalam suatu undangan hard cover. Kertas ini tidak bisa dicetak offset, biasanya dilapis dengan art paper atau dupleks. Kertas ini dibedakan berdasarkan ketebalannya, biasanya disebut YB 30 dan YB 40.
9. Fancy Paper
Jenis kertas dengan beragam warna dan karakteristik. Umum digunakan untuk membuat undangan. Ada banyak jenisnya seperti millennium, jasmine, java emboss, Hawaii dan lain-lain. Gramaturnya juga cukup beragam mulai dari 80 gr, 100 gr, 220 gr, 300 gr.
10. Corugoated
Jenis kertas bergelombang untuk dos packing seperti dos indomie, dos computer dan lain sebagainya. Sama halnya dengan yellow board, kertas ini biasanya ditempel dengan kertas lain.








-Kesimpulan-

   Pada desain grafis jika kita tidak mengetahui atau kenal mengenai Ukuran dan Jenis kertas, maka kita sendiri akan bingung dan linglung, maka dari itu Ukuran dan jenis kertas merupakan hal yang tidak boleh dilupakan atau harus diketahui oleh kita...

-Referensi-

https://id.wikipedia.org/wiki/Kertas
https://id.wikipedia.org/wiki/Ukuran_kertas
http://www.dumetschool.com/blog/Jenis_Jenis_Kertas_Yang_Sering_Digunakan_Dalam_Dunia_Percetakan

   Sekian dulu postingan dari saya. Mudah-mudahan bermanfaat bagi anda semua...

-Wassalamualaikum wr.wb-




Selanjutnya
« Post sebelumnya